Pilih Roti Tawar atau Roti Gandum?

Sumber karbohidrat selain nasi adalah roti. Pada umumnya kita mengenal ada dua macam roti yaitu roti tawar dan roti gandum. Apa yang membedakan antara kedua macam roti ini?

Keduanya memiliki perbedaan dalam cara pengolahan dan bahan yang digunakan. Karena itu, kandungan serta manfaatnya pun jadi berbeda. Roti gandum lebih dipercaya jauh lebih sehat dan lebih aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet.

Roti tawar terbuat dari bahan tepung terigu olahan, sedang roti gandum dibuat dari tepung gandum berserat tinggi. Proses pembuatannya pun berbeda, termasuk dari bahan tambahan yang disertakan. Roti gandum cenderung melalui proses alami dan tidak ditambahkan bahan kimia lainnya.

Pada volume yang sama, satu tangkup roti tawar tanpa tambahan apapun memiliki kalori sebanyak 175 kalori. Sedangkan, satu tangkup roti gandum punya kalori sebanyak 138 kalori. Bisa disimpulkan bahwa kalori roti gandum lebih kecil daripada jenis roti lain, termasuk roti tawar. Sehingga lebih cocok dikonsumsi buatmu yang sedang mengurangi berat badan.

Roti tawar yang memiliki tambahan rasa di dalamnya memiliki nilai IG (Indeks Glikemik, adalah perhitungan seberapa cepat makanan untuk diubah menjadi gula darah) paling tinggi akibat tambahan gulanya. Sementara itu, nilai IG roti gandum lebih rendah daripada roti tawar. Roti gandum mengandung nilai IG sekitar 49 per 100 gram. Sedang roti tawar biasanya mengandung nilai IG hingga 80 per 100 gramnya.

Baca juga: Beragam Roti di Serambi anda

Kandungan zat gizi lainnya pun berbeda antara yang dimiliki oleh roti tawar maupun roti gandum. Kandungan zat gizi seperti mineral dan vitamin yang ada di dalam roti tawar lebih sedikit ketimbang roti gandum, ini tersurat dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism. Hal ini disebabkan karena jenis roti tawar telah melalui proses pengolahan yang lebih lama dan berulang kali.

Meskipun roti gandum memiliki keunggulan lebih, tetapi anggapan bahwa roti gandum lebih sehat dibanding roti tawar biasa tidaklah sepenuhnya benar. Dari pengujian yang dilakukan oleh Weizmann Institute of Science terhadap 20 orang yang mengonsumsi roti tawar dan roti gandum selama dua minggu secara bergantian, hasilnya tingkat kolesterol, ginjal, hingga fungsi hati dari mereka tidak terlalu menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Oleh karena itu, sebaiknya variasikan sumber makanan yang dikonsumsi, jangan melulu nasi atau roti gandum. Semakin variatif menu makananmu, maka semakin banyak zat gizi yang kamu dapatkan.


Sumber: Sama-sama Pengganti Nasi, Ketahui 5 Perbedaan Roti Tawar dan Roti Gandum. Awas, Jangan Salah Pilih! – Hipwee.com, Kamis 7 Desember 2017.
Featured image: wallpaperswide.com

Leave a Reply